Langkah Membuat Strategi Pemasaran Digital Yang Sukses

Di zaman sekarang ini, sebagian besar konsumsi konten kita terjadi di ruang digital. Untuk mengimbangi ketergantungan konsumen yang semakin besar terhadap teknologi, bagian pemasaran mengharuskan Anda memiliki kehadiran yang kuat di dunia digital. Anda mungkin bertanya, 'bagaimana saya bisa melakukan itu?' Pertanyaan yang bagus. Jawabannya adalah memiliki strategi pemasaran digital yang kuat yang membangun dan mencapai kehadiran nyata untuk bisnis online Anda. Meskipun konsepnya sederhana, namun memerlukan investasi waktu, tenaga, dan strategi.

Follow us on Instagram

Bagaimana Anda membuat strategi pemasaran digital yang sukses?

1. Tetapkan Tujuan

Sebelum menyiapkan strategi pemasaran digital, harus ada maksud/tujuan yang telah ditetapkan. Pertanyaan sederhana seperti, “apa yang ingin saya capai dari ini?” adalah titik awal yang bagus. Namun, langkah ini mengharuskan Anda mengembangkan serangkaian tujuan yang rinci dan spesifik. Pendekatan termudah adalah dengan menggunakan S-M-A-R-T, cara mnemonik yang umum digunakan dalam menetapkan tujuan. Ini dipecah menjadi:

  • Spesifik
  • Terukur
  • Dapat dicapai
  • Relevan
  • Tepat waktu


Contoh yang baik dari tujuan ‘mendapatkan lebih banyak kunjungan ke situs web’ bukanlah tujuan yang SMART. Hal ini karena pernyataan tersebut sangat umum. Ini secara khusus perlu menunjukkan berapa banyak tampilan yang dibutuhkan. Hal ini mungkin tampak tidak diperlukan untuk diukur, namun hal ini penting karena memberikan arahan lebih pada langkah-langkah lainnya. Ini tidak termasuk bagaimana Anda MENDAPATKAN lebih banyak tampilan ke situs web Anda. Platform atau alat apa yang akan Anda gunakan? Apa relevansi tujuan ini? Selain alasan yang jelas, mengapa Anda secara khusus ingin meningkatkan penayangan situs web Anda? Apakah untuk promosi produk/layanan baru yang Anda luncurkan? Dan yang terakhir, kapankah jangka waktu untuk mencapai tujuan ini? Apakah tujuan tersebut bersifat jangka pendek (beberapa minggu/bulan) atau jangka panjang (beberapa tahun)?

Ketika modul SMART diikuti langkah demi langkah, tujuan/sasaran berubah dari umum menjadi rinci dengan lebih banyak arah. Contoh bagus dari revisi tujuan yang disebutkan di atas menjadi tujuan SMART sekarang adalah, ‘Untuk menghasilkan 10% lebih banyak tampilan situs web melalui iklan di Facebook untuk periode 2021-2022.

Business plan

2. Biasakan Diri Anda dengan Saluran Penjualan Digital

Saluran Penjualan memindahkan prospek Anda dari konsumen yang berminat menjadi pelanggan setia dan jangka panjang. Sebuah merek yang memiliki kehadiran digital yang kuat dapat memanfaatkan saluran penjualan digital untuk mencapai tujuan pemasarannya. Bagaimana? Nah, cukup dengan mengikuti tahapan Sales Funnel. Tahapan apa sajakah itu? Di bawah ini adalah rincian yang disederhanakan:


  • Kesadaran
  • Minat
  • Engagement
  • Tindakan

 

Tahap pertama seperti namanya, adalah membuat calon konsumen ‘AWAR’ terhadap keberadaan brand Anda. Hal ini dapat dicapai melalui metode online seperti beriklan di platform media sosial. Tahap kedua adalah ‘BUNGA’ ‘yang melibatkan pembedaan diri Anda dari pesaing Anda. Pelanggan sering kali perlu diyakinkan bahwa ANDA adalah pilihan ideal bagi MEREKA. Cara terbaik untuk mengkomunikasikan hal ini (secara tidak langsung) kepada calon pelanggan adalah dengan menyebutkan fitur unik tentang merek Anda dalam publikasi digital dan video di platform seperti YouTube. Tahap ketiga adalah KETERLIBATAN yang bertujuan memperkuat hubungan antara Anda dan calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada. Tahap ini sangat penting karena akan berdampak negatif/positif terhadap kesan pelanggan terhadap merek Anda. Tahap ini sering kali dicapai dengan melibatkan klien pada saluran seperti pemasaran email dan keterlibatan di media sosial. Terakhir, kita telah mendapatkan tahap ACTION. Tahap ini muncul setelah calon klien yakin dan sangat tertarik untuk membeli. Oleh karena itu, hal ini memerlukan eksekusi yang fasih. Salah satu caranya adalah dengan menyertakan tombol Ajakan Bertindak, yang mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Cara terbaik untuk mendorong tindakan adalah dengan menawarkan diskon waktu terbatas pada saat pembelian. Penting juga untuk disebutkan bahwa mengetahui tahap pelanggan potensial dalam saluran penjualan dapat sangat membantu. Misalnya, pelanggan yang belum mengetahui merek Anda dan produk/layanannya belum tentu memerlukan keterlibatan yang sama seperti pelanggan yang siap melakukan pembelian. Meskipun mereka berdua membutuhkan keyakinan, tingkatannya sangat berbeda. Yang pertama perlu diyakinkan untuk memperhatikan Anda, sedangkan yang kedua perlu diyakinkan untuk melakukan pembelian (apakah harga Anda yang terbaik di antara pesaing Anda?).

Bali marketing analysis

3. Buat Rencana Konten

Ini adalah rencana yang mencakup jenis topik yang paling menonjolkan merek Anda dan produk/layanannya, serta cara peluncurannya. Konten adalah hal yang membuat pelanggan tetap terlibat, mendapatkan informasi, dan tertarik dengan merek Anda serta produk/layanannya. Kami telah menetapkan fakta bahwa strategi pemasaran digital terdiri dari serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Merujuk pada saluran penjualan digital, tanyakan pada diri Anda, jenis konten apa yang saya perlukan agar berhasil menarik pelanggan melalui setiap tahap saluran menuju penjualan? Konten yang ditujukan untuk menciptakan kesadaran merek akan berbeda dengan konten yang ditujukan untuk menarik calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada. Konten penciptaan kesadaran akan menampilkan fakta unik atau menarik tentang merek Anda. Misalnya, jika merek Anda adalah perusahaan sepatu kulit yang memproduksi sepatu, artikel yang menyoroti bagaimana sepatu Anda dibuat dengan cara yang bebas dari kekejaman terhadap hewan akan membedakan Anda dari pesaing. Konten informatif mencapai kesadaran dan minat merek.

 

Konten yang ditujukan untuk menarik pelanggan akan memiliki nuansa yang sedikit berbeda. Ini akan seperti percakapan empat mata dengan pelanggan. Konten yang menarik ini akan mendorong pelanggan untuk mengajukan pertanyaan (dipicu oleh minat) dan bahkan lebih baik lagi, melakukan pembelian. Contohnya adalah dengan bertanya, ‘Sepatu mana yang Anda sukai, sepatu makan malam berwarna Abu-abu atau Beludru Maroon?’ Pertanyaan seperti ini mengundang calon pelanggan untuk melihat dirinya mengenakan sepatu tersebut dan memicu percakapan mengenai harga dan ukuran sepatu yang akan dibeli.

Rencana konten Anda juga harus menyertakan tanggal publikasi, lokasi posting (situs web, platform media sosial, dll), dan kata kunci yang akan disertakan dalam setiap konten. Kata kunci akan membantu calon pelanggan mengakses konten Anda lebih cepat dan mendapatkan lebih banyak penayangan ke situs web/halaman media sosial Anda.

4. Analisis Hasil

Setelah strategi Anda siap dan diluncurkan, Anda harus mengamatinya. Sangat sedikit yang menyadari fakta bahwa ini adalah salah satu tahapan terpenting dalam strategi taktis pemasaran digital. Catat detail seperti bagaimana pelanggan berinteraksi dengan Anda dan konten Anda serta bagaimana kemajuan Anda dalam mencapai tujuan akan membuat perbedaan bagi Anda. Hal ini karena pengamatan Anda akan memandu Anda untuk melakukan perbaikan spesifik pada strategi Anda saat Anda mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Manfaatkan perangkat lunak/alat analitik seperti Google Analytics untuk memberikan arahan yang sangat dibutuhkan menuju langkah selanjutnya yang perlu diambil. Analytics akan dapat memberi Anda wawasan tentang detail seperti:

  • Apakah klik berubah menjadi penjualan/konversi? Apakah mobilitas terjadi melalui saluran penjualan? Mengapa atau mengapa tidak?
  • Apakah keterlibatan dalam platform media sosial hilang pada titik-titik tertentu? Apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya?
  • Apakah Anda mendapatkan lalu lintas dari konsumen dalam target audiens Anda atau di luar target audiens Anda?
Wawasan dari analitik dapat digunakan untuk membuat grafik dan alat visualisasi data seperti Super metrics. Alat-alat ini membantu dalam pembuatan perbandingan serta melacak tujuan dan membuat presentasi. Kesimpulannya, Anda harus memiliki strategi pemasaran digital yang kuat untuk membangun dan mencapai kehadiran online yang nyata. Beberapa keuntungan dari strategi pemasaran digital adalah:
  • Memberi Anda arahan di ruang online.
  • Membantu Anda mengidentifikasi niche/target audiens Anda.
  • Membantu Anda mendapatkan kehadiran online; peningkatan pengenalan merek. Hemat biaya.

Saat membuat dan membangun strategi pemasaran digital, ingatlah selalu bahwa landasan strategi yang sukses adalah tujuan yang SMART.
marketing report

Rencana konten dengan mempertimbangkan saluran penjualan akan memandu pencapaian Anda di semua tahap saluran. Setelah strategi pemasaran digital Anda berjalan, ingatlah untuk mengamati dan menggunakan perangkat lunak analitis untuk mengukur dan melacak area keberhasilan dan kelemahan Anda. Letakkan hasilnya pada alat/software visualisasi data untuk membantu Anda melihat perbaikan apa saja yang perlu diperhatikan melalui presentasi yang jelas. Untuk menjadi sukses, Anda harus selalu konsisten dalam menjalankan strategi Anda, belajar dengan cepat, dan menyesuaikan diri seiring berjalannya waktu. Ingat, jangan takut gagal dan coba pendekatan baru, seperti jenis video baru atau kata-kata berbeda di email Anda. Selain itu, kutipan yang baik untuk diketahui adalah ‘Setiap master pernah menjadi bencana.’ Jadi mulailah hari ini dan jangan menyerah. Semoga Anda semua beruntung!

VIEW
CLOSE