Platform media sosial adalah media hebat yang membantu bisnis menjangkau pasar yang lebih tepat sasaran. Untuk melaksanakan kampanye pemasaran media sosial yang sukses, bisnis perlu menganalisis kinerjanya secara teratur. Untuk memantau keterlibatan dan visibilitas postingan media sosial Anda, ada dua metrik penting yang harus Anda ketahui: jangkauan dan tayangan/impresi. Pada dasarnya, tayangan dan jangkauan merupakan metrik penting untuk penilaian pemasaran media sosial Anda dan merencanakan cara meningkatkannya. Untuk meningkatkan upaya pemasaran media sosial Anda dan meningkatkan laba investasi Anda, penting untuk fokus pada metrik yang tepat. Meskipun kedua metrik ini berkaitan erat, secara umum keduanya mempunyai arti yang berbeda. Setiap situs media sosial memiliki caranya sendiri untuk menghitung jangkauan dan tayangan dan ini adalah salah satu catatan penting yang harus Anda ketahui jika ingin mengukur metrik ini pada platform yang berbeda.
Mari kita lihat lebih dekat perbedaan jangkauan dan tayangan di platform media sosial.
Ikuti Kami di Instagram
Jangkauan vs. Impresi di Facebook
Menurut Facebook, jangkauan mengacu pada jumlah orang yang melihat iklan Anda setidaknya sekali. Di platform ini, jangkauan diklasifikasikan menjadi tiga kategori: organik, berbayar, dan viral.
- Jangkauan organik mengacu pada jumlah pengguna unik yang melihat konten Anda secara organik (tanpa iklan) di Kabar Beranda mereka.
- Jangkauan berbayar mengacu pada jumlah pengguna yang melihat konten berbayar. Jangkauan ini sering kali dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti anggaran, total tawaran, dan penargetan audiens.
- Jangkauan viral mengacu pada jumlah pengguna yang melihat konten Anda karena aktivitas temannya yang meliputi berkomentar, menyukai, atau berbagi.
Di sisi lain, tayangan didefinisikan oleh Facebook sebagai berapa kali iklan Anda ditampilkan di layar. Sederhananya, ketika pengguna unik melihat postingan dua kali di feed mereka selama durasi kampanye, itu akan dihitung sebagai tiga tayangan.
Jangkauan vs. Impresi di Instagram
Mirip dengan Facebook, jangkauan di Instagram didefinisikan sebagai jumlah pengguna unik yang melihat postingan atau cerita Anda. Di sisi lain, tayangan di Instagram didefinisikan sebagai berapa kali postingan atau cerita Anda ditampilkan. Jika Anda memiliki profil bisnis, Anda dapat dengan mudah mendapatkan analisis metrik ini pada fitur ‘Wawasan’ di profil Anda. Jika tayangan lebih tinggi dari jangkauan, itu berarti audiens Anda melihat postingan Anda beberapa kali.
Jangkauan vs. Impresi di Twitter
Impresi atauy tayangan di Twitter mengacu pada setiap kali pengguna Twitter melihat tweet Anda baik di feed atau hasil pencarian mereka. Sementara itu, jangkauan tidak dapat dilacak di twitter. Sebagai contoh singkat, jika tweet Anda menerima 200 tayangan, dan menerima 300 balasan, total tayangan Anda untuk rangkaian pesan tersebut adalah 500. Twitter memberi penggunanya akses untuk menganalisis tayangan Anda di tab “analitik”. Saat Anda mengklik tab itu, Anda akan menemukan grafik tayangan Anda selama periode waktu yang dipilih. Selain itu, Anda bisa mendapatkan informasi tentang persentase tingkat keterlibatan, serta jumlah klik tautan, retweet, suka, dan balasan.
Mana yang Lebih Penting Diantara Kedua Metrik In
Jangkauan dan tayangan sama-sama berharga dan penting untuk dilacak guna melaksanakan kampanye yang sukses. Namun, untuk memilih metrik mana yang lebih penting untuk dilacak, Anda perlu mempertimbangkan sasaran bisnis Anda. Menyiapkan audiens yang tepat di media sosial untuk merek Anda membutuhkan waktu dan begitu Anda membangunnya dan ingin membangun pengenalan merek, maka kesan menjadi penting.
Metrik untuk dilacak. Ketika Anda terus muncul secara teratur hingga Anda meningkatkan pengenalan merek, penting untuk memantau berapa kali konten Anda dilihat. Metrik ini sangat penting ketika Anda memublikasikan iklan karena audiens Anda perlu melihat konten yang Anda promosikan beberapa kali sebelum mereka menunjukkan minat dan akhirnya meresponsnya.
Namun, jika Anda tidak memiliki jangkauan yang cukup untuk menampilkan konten Anda dan ingin meningkatkan kesadaran merek Anda di media sosial, Anda perlu fokus pada “jangkauan” dan menemukan cara untuk mengoptimalkan metrik ini sebelum memperhatikan tayangan. Ketika jumlah jangkauan Anda ditingkatkan, maka secara bersamaan akan meningkatkan kesadaran merek Anda. Oleh karena itu, pastikan postingan Anda mampu menjangkau pengguna sebanyak-banyaknya.
Selanjutnya, untuk membina hubungan yang kuat dengan pengikut Anda yang ada, Anda perlu menganalisis jumlah Jangkauan dan Tayangan pada postingan Anda. Jika tujuan utama Anda adalah meningkatkan tingkat keterlibatan, memahami metrik Jangkauan dan Tayangan dapat membantu Anda mencapai sasaran tersebut.
Memahami pentingnya jangkauan dan tayangan di media sosial akan membantu Anda menilai kampanye dengan lebih baik dan pada akhirnya mengarahkan konten Anda ke audiens yang tepat dengan lebih baik. Di sisi lain, ini akan membantu Anda mengidentifikasi metrik lain yang penting untuk melakukan strategi pemasaran media sosial yang lebih baik.
Blog
Recent Comments