Mengapa Penting untuk Memanusiakan Upaya Pemasaran Digital Anda?

Platform digital adalah instrumen pemasaran yang kuat yang memberikan personalisasi yang lebih baik dan menghasilkan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan. Cara brand berkomunikasi dengan pelanggannya tidak lagi sebatas komunikasi satu arah saja, namun memungkinkan brand menjadi lebih baik dalam mendengarkan kebutuhan pelanggannya. Namun, seiring dengan semakin mudahnya berhubungan dengan dunia usaha, ekspektasi konsumen dan proses pengambilan keputusan pun berubah. Dengan kata lain, merek memerlukan cara yang lebih baik untuk memikat calon pelanggan. Salah satu cara terbaik untuk menonjol dan membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan Anda adalah dengan menjalankan kampanye pemasaran yang manusiawi. Strategi pemasaran digital yang manusiawi bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan yang berarti Anda membantu mereka mendapatkan pengalaman pribadi yang baik dan menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa mereka dihargai sebagai individu. Taktik ini memungkinkan bisnis Anda mengubah praktik pemasaran tradisional yang lama dan kaku menjadi strategi pemasaran yang lebih menarik dan dapat diterapkan. Ada banyak cara untuk memanusiakan upaya pemasaran digital Anda dan mencapai semua tujuan yang disebutkan di atas. Mari kita lihat mengapa ini merupakan sifat bagus yang harus dimiliki suatu merek!

Ikuti Kami di Instagram

Mempromosikan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Menghumanisasi merek Anda berarti Anda mempromosikan nilai inti dan apa yang diwakili merek Anda – hal ini baik untuk membentuk pengalaman pelanggan yang baik. Menjaga pengalaman pelanggan yang baik adalah salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis Anda. Selain itu, konsumen saat ini lebih peduli tentang pengalaman mereka dengan merek Anda daripada sebelumnya. Oleh karena itu, menghumanisasi praktik pemasaran digital Anda adalah salah satu cara efektif untuk mempromosikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Hal ini akan menghasilkan pelanggan yang lebih bahagia, meningkatkan reputasi merek Anda, dan pada akhirnya meningkatkan konversi Anda. Bisnis yang menjadikan pelanggan sebagai prioritas lebih cenderung mendapatkan pendapatan yang lebih besar, dan merek yang dihumanisasi merupakan ciri baik bagi perusahaan yang berorientasi pada pelanggan.

People is discussing about humanized digital marketing
Someone uses mobile banking for a marketing campaign

Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Manfaat lain dari merek yang manusiawi adalah menghasilkan pelanggan setia. Pengalaman pelanggan yang lebih baik akan menghasilkan pelanggan yang puas dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian berulang. Faktanya, pengalaman pelanggan adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian dan juga merupakan salah satu aspek penting yang meningkatkan loyalitas merek. Selain kualitas produk Anda dan beberapa aspek lain yang menjadi prioritas bisnis Anda, pengalaman pelanggan mempengaruhi cara meningkatkan retensi pelanggan. Pelanggan yang memiliki pengalaman positif terhadap suatu merek kemungkinan besar akan membelanjakan lebih banyak pada produk atau layanan Anda yang berarti Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pendapatan berulang. Oleh karena itu, memanusiakan merek membantu Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendorong loyalitas dan retensi merek.

Mendorong Advokasi Merek

Menjadikan aktivitas pemasaran digital Anda lebih manusiawi tidak hanya akan meningkatkan kepuasan tetapi juga sampai-sampai mereka bersedia memberi tahu rekan-rekannya tentang produk atau layanan Anda. Dalam hal advokasi merek, memanusiakan upaya pemasaran digital Anda adalah alat yang penting karena pesan merek Anda lebih mungkin dibagikan ketika Anda dapat mengkomunikasikannya dengan lebih baik. Advokasi merek adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan karena orang lebih cenderung mempercayai pendapat rekan-rekan mereka. Oleh karena itu, mendorong advokasi merek memberi peluang bagi merek Anda untuk menjangkau calon pelanggan.

brand concept sketch for digital marketing

Secara umum, merek yang dimanusiakan lebih bersifat komunikatif dan lebih mudah membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiens. Agen pemasaran digital kami Bali mengatakan bahwa memanusiakan upaya pemasaran digital Anda akan memungkinkan Anda membangun ruang yang lebih luas bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan nilai merek Anda. Terlebih lagi, emosi yang ditimbulkan oleh suatu merek menjadi salah satu faktor penentu yang dapat mendorong retensi pelanggan. Oleh karena itu, menerapkan praktik terbaik dalam memanusiakan merek Anda adalah cara yang tepat untuk membuat pelanggan memandang merek Anda dengan cara baru yang membantu Anda mendapatkan respons yang Anda cari. Untuk memanusiakan merek dan upaya digital Anda dengan baik, penting untuk menyampaikan pesan yang relevan secara konsisten kepada audiens Anda.

VIEW
CLOSE