Dalam perekonomian saat ini, masyarakat dibanjiri dengan pilihan produk dan layanan yang ditawarkan oleh berbagai bisnis. Di antara merek-merek yang berkembang pesat di luar sana, faktor-faktor apa yang mendorong konsumen untuk memilih suatu merek dibandingkan yang lain?Sebenarnya ada berbagai faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan di kalangan konsumen. Karena manusia adalah makhluk emosional, impuls emosional adalah variabel yang sering menentukan bagaimana kita membuat keputusan. Karena itu, dalam pemasaran digital, para pebisnis perlu mempertimbangkan bagaimana emosi dapat mempengaruhi orang dan menyesuaikan konsep ini dalam strategi branding mereka. Konsumen secara tidak sadar cenderung berinteraksi dengan merek yang mencerminkan konsep diri mereka sendiri atau merek yang memiliki jenis kepribadian yang ideal bagi mereka. Menurut penelitian, konsumen memandang merek sebagai personifikasi bisnis dan pada akhirnya menentukan bagaimana mereka membuat keputusan untuk membeli suatu produk.
Follow us on Instagram
Mengapa kita harus melakukan manajemen instagram dengan benar?
Bisnis perlu mencatat bahwa branding lebih dari sekedar logo yang dirancang dengan baik, nama yang baik, atau tagline yang menawan. Branding mencakup karakteristik unik dalam merek Anda dan perasaan emosional yang didapat orang ketika mereka berinteraksi dengan Anda. Kepribadian merek didefinisikan sebagai asosiasi antara sifat-sifat manusia dan karakteristik yang ditetapkan pada suatu merek, yang mana kemudian pelanggan mampu merasa terhubung dengan karakter-karakter tersebut – atau secara sederhana, personifikasi merek. Kepribadian merek adalah sifat yang memanusiakan merek Anda di depan audiens Anda yang terdiri dari semua aspek yang membuat merek Anda berbeda dari merek lainnya dan pada akhirnya membangun sebuah identitas. Baik kepribadian merek dan identitas merek adalah dua aspek yang saling terkait yang membantu bisnis untuk memperkuat citra merek di pasar. Brand personality yang kuat memainkan peran penting dalam membangun hubungan dengan konsumen dan membantu memaksimalkan daya tarik merek di antara para pesaing.
Berikut adalah alasan penting mengapa kepribadian merek penting bagi bisnis Anda:
Mendukung Konsistensi
Konsistensi memainkan peran penting dalam setiap aspek bisnis. Dalam mempertahankan kepribadian merek, konsistensi adalah bagian penting dari proses tersebut. Penting bagi bisnis untuk konsisten dalam berkomunikasi. Apabila merek Anda menyenangkan pada suatu hari dan kemudian menjadi membosankan pada hari berikutnya, ketidakkonsistenan ini akan membuat audiens bingung karena mereka akan memiliki gagasan yang kabur tentang di mana merek Anda berdiri. Kepribadian merek yang kuat membantu menciptakan konsistensi di seluruh platform, baik itu situs web Anda atau postingan Anda di saluran-saluran media sosial. Hal ini akan membuat pelanggan merasa yakin dan aman tentang merek Anda dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan Anda. Oleh karena itu, setelah Anda mengembangkan “suasana” dan tetap berada pada gaya tertentu, itu akan mendukung konsistensi di seluruh saluran Anda.
Menumbuhkan Koneksi Emosional dengan Pelanggan
Ciri-ciri unik dari suatu merek dapat menarik orang-orang yang merasa terhubung dengan karakteristik-karakteristik itu dan menarik mereka untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa yang ditawarkan merek Anda. Kepribadian merek dapat membantu Anda membangun hubungan emosional dengan orang-orang yang berpikiran sama yang mencari lebih dari sekadar produk atau layanan yang ditawarkan oleh merek Anda. Orang-orang yang berharap untuk mengetahui cerita dan nilai merek Anda akan tertarik kepada Anda. Hubungan emosional yang telah berkembang pada akhirnya membantu merek Anda untuk membangun interaksi yang lebih signifikan. Hal ini akan mengarah pada hubungan pelanggan yang langgeng. Selain itu, ketika Anda telah membentuk kepribadian, itu akan memudahkan merek Anda untuk memiliki komunikasi yang efektif dengan pelanggan. Alasannya karena pelanggan dapat berhubungan dengan sifat-sifat kepribadian yang dimiliki merek Anda.
Mengomunikasikan Kualitas atau Nilai Anda
Ketika kualitas atau nilai-nilai merek Anda tercermin melalui kepribadian merek, itu memperkuat dasar brand story Anda yang merupakan alasan mengapa pelanggan Anda harus peduli dengan Anda. Ketika Anda dapat mengomunikasikan karakter baik merek Anda secara efektif atau apa yang Anda perjuangkan, itu dapat membantu mengembangkan kepercayaan pelanggan. Menunjukkan kepada pelanggan bagaimana Anda melakukan bisnis secara berbeda dari pesaing Anda dapat menarik dan bahkan mempertahankan konsumen. Kepribadian merek dapat membantu Anda memperkuat cara Anda mengomunikasikan cerita Anda bersama dengan pesan Anda. Terlebih lagi, ketika Anda menunjukkan nilai baik Anda, itu dapat membantu merek Anda dipandang sebagai sebuah merek yang dapat dipercaya dan menarik para pelanggan untuk berkomitmen dengan merek Anda.
Membantu Merek Anda Menonjol di Atas Persaingan
Keuntungan utama mengembangkan kepribadian merek adalah kemampuan untuk membedakan merek Anda dalam pertumbuhan pasar yang cepat. Ada banyak pilihan di luar sana dan orang-orang membandingkan satu merek dengan yang lain sebelum membuat keputusan pembelian. Oleh karena itu, sebuah merek perlu membangun strategi untuk memungkinkan pelanggan membedakan merek tersebut dan memenangkan persaingan. Setiap hari orang-orang dihadapkan dengan ribuan penawaran dari berbagai merek dan juga harus berurusan dengan jadwal sibuk mereka – terlalu banyak hal yang harus diperhatikan. Untuk menembus kebisingan, merek perlu membuat kepribadian yang jelas dan mencuri perhatian pelanggan. Memanusiakan merek Anda adalah strategi diferensiasi yang baik karena Anda menunjukkan kepada pelanggan sesuatu yang lebih istimewa dibandingkan pesaing lainnya. Menentukan kepribadian merek Anda berarti Anda memudahkan pelanggan untuk mengenali Anda karena Anda memiliki gaya yang konsisten dan jelas. Akibatnya, merek Anda akan menonjol di tengah keramaian.
Blog
Recent Posts
Blog
Recent Comments