Agar produk Anda terlihat secara online, Anda harus memiliki toko yang diatur di halaman Facebook Anda. Fitur Toko Facebook bertujuan untuk menyediakan kesempatan yang sama bagi bisnis kecil agar memiliki alat yang dapat membantu mereka dalam membangun, mengembangkan, dan menjalankan bisnis mereka sebagaimana saingan besar mereka.
Pengaturan Toko Facebook yang baik dapat membantu bisnis mengurangi metrik negatif seperti tingkat pentalan dan tingkat pembatalan keranjang belanja. Ini mungkin berasal dari berbagai masalah mulai dari proses checkout yang rumit hingga kecepatan pemuatan yang lambat. Facebook memberikan penggunanya kesempatan untuk meningkatkan ke Toko yang memungkinkan toko e-Commerce untuk menjual produk dan layanannya dengan mudah. Tidak masalah apakah Anda telah menjalankan iklan belanja selama waktu yang lama atau Anda sudah memiliki katalog, Toko Facebook tetap esensial untuk bisnis Anda.
Dengan fitur ini, memungkinkan semua pengguna untuk menentukan apa saja yang menjadi bisnis Anda serta produk dan layanan yang Anda tawarkan. Toko Facebook juga membuat proses pembelian menjadi sangat lancar. Mari kita pelajari cara mengatur Toko Facebook yang akan memberikan bisnis kesempatan untuk menjual produk mereka dengan lebih efisien di Facebook dan Instagram.
Follow us on Instagram
Mengapa Bisnis Harus Menggunakan Toko Facebook?
Banyak pengguna Facebook saat ini mengakses platform dari kenyamanan smartphone mereka. Ini berarti banyak pelanggan akan membeli produk melalui Facebook. Toko Facebook memungkinkan pengguna Anda mengirim pesan kepada Anda langsung di Facebook dan Instagram untuk bertanya tentang pembelian mereka.
Keuntungan Mengatur Toko Anda untuk Facebook dan Instagram:
Menavigasi lanskap dinamis pemasaran media sosial bisa menjadi tantangan bagi bisnis. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kehadiran online dan penjualan Anda adalah dengan mendirikan toko di Facebook dan Instagram. Mari kita telusuri berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh strategi ini.
- Memudahkan proses penjualan produk di berbagai platform media sosial. Toko Facebook akan membantu Anda mencapai audiens baru di Facebook, Instagram, dan platform media sosial lainnya. Mereka adalah alat penting yang membantu meningkatkan eksposur Anda. Sebagai hasilnya, eksposur yang meningkat berarti kemungkinan lebih besar untuk meningkatkan basis pelanggan Anda.
- Anda dapat mengatur Toko Facebook secara gratis dan menggunakannya secara gratis juga. Ini menguntungkan bagi bisnis yang relatif lebih kecil yang memiliki anggaran iklan yang sama kecilnya. Dengan Toko Facebook, mereka memiliki platform untuk mempromosikan produk mereka tanpa khawatir tentang biaya yang mungkin mereka keluarkan untuk iklan.
- Toko Facebook memberi Anda kesempatan untuk mengelompokkan produk Anda ke dalam koleksi yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur “Koleksi” di Toko Facebook. Fitur ini memberi Anda kesempatan untuk memisahkan produk yang Anda jual berdasarkan faktor seperti jenis produk, desain atau gaya produk, dll. Dengan membantu Anda menyesuaikan Toko Facebook Anda dengan cara ini, Anda memberikannya tampilan yang lebih ‘terorganisir’ dan profesional. Selain itu, Anda memberi pelanggan Anda pengalaman jelajah yang lebih mudah dan memudahkan navigasi di toko Anda serta mendapatkan produk yang mereka butuhkan dengan mudah.
- Anda tidak perlu memiliki situs web untuk proses Pengaturan Toko Facebook berhasil. Menjual produk di platform seperti Facebook biasanya memerlukan penjual untuk memiliki situs web tempat pelanggan mereka dialihkan. Namun, Toko Facebook memungkinkan Anda untuk memasukkan fitur checkout yang bertujuan untuk menyediakan pengalaman belanja lengkap. Pelanggan dapat menyelesaikan seluruh proses pembelian tanpa harus meninggalkan Facebook.
- Proses checkout Toko Facebook mudah dipahami dan digunakan. Proses checkout yang rumit adalah salah satu alasan paling umum yang berkontribusi pada tingkat pembatalan keranjang belanja yang tinggi. Toko Facebook memungkinkan Anda untuk memasukkan fitur checkout yang sederhana yang menyediakan pelanggan Anda dengan pengalaman pembelian yang mudah.
- Toko Facebook memungkinkan Anda untuk menandai produk yang Anda jual dalam postingan Anda. Ini adalah teknik hebat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas toko Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa penandaan tidak boleh berlebihan. Teknik ini paling cocok untuk acara yang memerlukan sedikit promosi, mis. saat Anda meluncurkan produk Anda.
Langkah yang diperlukan untuk melakukan Pengaturan Toko Facebook
-
- Baca dan pahami bagian “Memulai”.
- Pilih titik checkout terbaik untuk pelanggan Anda
- Pilih saluran penjualan yang Anda preferensikan
- Hubungkan akun bisnis Anda
- Tambahkan produk atau layanan Anda
- Buat pengaturan pengiriman dan pengembalian Anda
- Kirimkan detail Toko Facebook Anda untuk ditinjau
1. Baca dan pahami bagian “Memulai”.
Membaca dan memahami bagian ‘Memulai’ membantu Anda memahami apa itu Toko Facebook. Ini memberikan wawasan tentang cara kerja Toko Facebook. Selain itu, bagian ini memberi Anda informasi penting tentang langkah-langkah yang harus Anda ikuti jika ingin mengatur Toko Facebook Anda sendiri. Bagian ini akan memastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat katalog terbaik untuk produk dan layanan yang Anda jual, merumuskan kebijakan pengiriman terbaik, dll.
2. Pilih dimana titik checkout terbaik untuk pelanggan Anda
Ketika pelanggan siap untuk membeli, Anda dapat mengarahkan mereka ke metode yang Anda pilih yang meliputi:
1). Checkout di Facebook
Ini memberi mereka kesempatan untuk menangani seluruh proses pembelian mereka, dari awal hingga akhir, di Facebook.
2). Checkout di situs web bisnis Anda
Di sini, pelanggan Anda harus melakukan proses checkout di situs web Anda dan tidak di Facebook. Ini mungkin agak merepotkan.
3). Checkout melalui platform Messenger
Dengan opsi ini, Anda menetapkan metode checkout dan mode pembayaran Anda. Kemudian, pelanggan Anda harus menghubungi Anda di platform seperti WhatsApp Messenger, di mana Anda dapat memberi tahu mereka tentang cara mereka harus melakukan pembayaran. Misalnya, Anda mungkin ingin mereka membayar melalui nomor rekening bank Anda, nomor rekening PayPal, dll.
3. Pilih saluran penjualan yang Anda preferensikan.
Toko Facebook memungkinkan Anda menjual produk dan layanan Anda di berbagai saluran penjualan seperti Marketplace, Facebook Shop, dan Instagram. Anda dapat memilih untuk menjual produk dan layanan Anda di semua platform atau hanya di beberapa.
4. Hubungkan akun bisnis Anda
Sebelum Anda dapat mengatur Toko Facebook, Anda harus memiliki akun bisnis yang terhubung ke Toko Facebook Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus memiliki halaman Facebook untuk bisnis Anda.
5. Tambahkan produk atau layanan Anda
Ini adalah langkah di mana Anda menambahkan produk atau layanan yang Anda jual ke Toko Facebook Anda. Di sini, Anda diharuskan untuk memasukkan informasi tentang produk atau layanan yang Anda jual, harga mereka, dan foto produk atau layanan yang sesuai. Anda juga harus memberikan deskripsi yang akurat dan lengkap tentang produk atau layanan yang Anda jual. Ini membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang Anda jual dengan lebih baik.
6. Buat pengaturan pengiriman dan pengembalian Anda
Pengaturan pengiriman Anda memberi tahu pelanggan Anda tentang berapa lama mereka harus menunggu sebelum mereka menerima pesanan mereka. Ini juga memberi tahu mereka tentang metode pengiriman yang Anda gunakan, dll. Untuk pengaturan pengembalian Anda, Anda memberi tahu pelanggan Anda tentang proses yang harus mereka ikuti jika mereka ingin mengembalikan produk atau layanan yang mereka beli.
7. Kirimkan detail Toko Facebook Anda untuk ditinjau
Every Facebook Shop has to be created according to the set guidelines contained in the “Facebook’s Seller Agreement.” After you have completed setting up the shop to the best of your ability, you are required to submit all the details you have filled out so that they can be reviewed.
Usually, the review process involved in setting up a Facebook Shop takes roughly 24 hours to 48 hours. If the details you have chosen and submitted for review are approved, Facebook will notify you of this and give you the green light to go ahead and start using your shop.
You have a Facebook Shop! Now your Facebook Shop will now display all the products that you are selling to potential customers.
Kesimpulan
Pengaturan Toko Facebook memerlukan perencanaan dan pemikiran yang cermat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat mengatur Toko Facebook Anda dengan sukses dan mulai menjual produk dan layanan Anda dengan lebih efisien di Facebook dan Instagram.
Blog
Recent Posts
Blog
Recent Comments