Pemasaran digital mengacu pada semua aktivitas pemasaran online yang melibatkan penggunaan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, tablet, dan internet. Dilihat sebagai masa depan bisnis secara global, pemasaran digital telah menjadi landasan kesuksesan sebagian besar bisnis saat ini. Hal ini telah membantu bisnis mencapai pertumbuhan, peningkatan pendapatan, pengenalan merek yang lebih baik, dan stabilitas. Pemasaran digital ada dalam berbagai bentuk dan kami akan menyoroti berbagai jenis dan kegunaannya dalam artikel ini. Ayo masuk!
Ikuti Kami di Instagram
Berbagai Bentuk Pemasaran Digital
1.Pemasaran Email
Ini melibatkan penggunaan email untuk mempromosikan bisnis' produk dan layanan. Sebuah bisnis mengirimkan informasi dan konten langsung ke kotak masuk klien atau pemimpin tertentu yang ada di milis mereka. Agar pemasaran email menjadi efektif, sebuah bisnis didorong untuk mengirimkan email yang menarik dan tidak umum. Anda dapat mengirimkan buletin dan memberi tahu pelanggan Anda tentang penawaran hebat yang Anda miliki saat ini. Penjual yang bijak dapat berinteraksi dengan pelanggannya setelah mereka melakukan pembelian untuk meminta pendapat mereka mengenai layanan yang ditawarkan kepada mereka dan bagaimana mereka menemukan produk yang telah mereka beli. Umpan balik yang diperoleh dari klien sangat berharga dalam mengidentifikasi kekuatan bisnis Anda dan area peningkatannya.
2. Optimasi Mesin Pencari
Ini umumnya adalah proses yang melibatkan mendapatkan lalu lintas berkualitas dari hasil pencarian orang-orang di Google dan lainnya seperti Bing, Yahoo, dll. Mengoptimalkan konten yang Anda ingin orang-orang lihat dari mesin pencari ini memastikan bahwa banyak orang dan calon pelanggan berada di posisi yang lebih baik untuk datang. di seluruh profil bisnis Anda secara online dengan mudah. Pengoptimalan yang baik memastikan Google akan memberi peringkat tinggi pada halaman Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Dengan menggunakan kata kunci yang dicari orang, Google menghasilkan algoritme yang mengukur relevansi laman atau situs Anda dan dengan demikian menentukan di mana peringkat laman Anda.
3. Pemasaran Mesin Pencari (SEM)
SEM mengacu pada suatu bentuk pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas situs web atau halaman, di mesin pencari, dengan menggunakan metode berbayar seperti Google Ads. Sederhananya, SEM mengacu pada iklan berbayar yang muncul di bagian atas Halaman Hasil Mesin Pencari. Hasil pencarian berbayar dapat dengan mudah dikenali di Google dengan tanda “Iklan” yang terletak di awal URL tertentu.
4. Iklan Bayar per Klik (PPC)
Hal ini dapat dianggap sebagai kunjungan “membeli” ke situs atau laman Anda karena ini adalah bentuk periklanan yang mengharuskan penjual membayar sejumlah kecil setiap kali seseorang mengeklik iklan mereka secara online. Ini adalah bentuk iklan pencarian berbayar yang juga mencakup iklan bergambar (berbasis biaya per klik), dan iklan afiliasi. Biaya per klik iklan bisnis tertentu ditentukan oleh skor kualitas situs web dan halaman Anda, serta persaingan kata kunci yang dipilih. PPC umumnya melibatkan pembelian “peringkat” halaman Anda dibandingkan dengan proses SEO di mana peringkat diperoleh dan dicapai secara organik.
5. Pemasaran/Periklanan Seluler
Pemasaran dan periklanan seluler telah mendapatkan daya tarik yang tak tertandingi dalam beberapa waktu terakhir karena miliaran orang di seluruh dunia menghabiskan banyak waktu di depan ponsel cerdas dan tablet mereka. Dengan semakin banyaknya pengguna perangkat ini, merek bisnis melihat ini sebagai peluang bagus untuk memasarkan produk dan layanan mereka langsung ke ponsel masyarakat melalui pemasaran pesan teks. Strategi ini dianggap sebagai salah satu bentuk pemasaran digital yang paling efektif karena memiliki hambatan akses yang rendah dan Anda dapat terlibat dengan orang-orang secara real-time. Umumnya juga memerlukan pengeluaran modal yang kecil dibandingkan dengan jenis pemasaran digital lainnya.
Cara Menggunakan Berbagai Bentuk Jenis Pemasaran Digital
1. Pemasaran/Periklanan Seluler
Sebuah bisnis dapat menggunakan pembatasan wilayah seluler untuk menjangkau audiens targetnya secara efektif. Misalnya, bisnis dapat mengidentifikasi kota tertentu sebagai ceruk yang diinginkannya. Kemudian mengumpulkan data yang relevan tentang klien potensial mereka berdasarkan selera dan preferensi mereka dan menyesuaikan iklan seluler mereka untuk menjangkau orang-orang yang tinggal di kota tersebut. Bisnis kemudian dapat menggunakan layanan pesan singkat (pesan teks) untuk menjangkau klien potensial.
Namun, pesan teks, khususnya, perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Banyak orang tidak menyukai pesan pemasaran yang acak dan terus-menerus membombardir orang dengan pesan tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan tanpa melibatkan personalisasi pada tingkat tertentu, justru sebaliknya.
2. Pemasaran Email
Sebagai sebuah bisnis, Anda dapat menggunakan milis yang ada sebagai daftar calon pelanggan Anda. Kirim pesan email yang dirancang dengan baik dan dipersonalisasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan individu setiap klien tertentu dan hindari pengiriman surat yang umum dan sering.
Anda dapat memberi tahu calon klien tentang produk dan layanan luar biasa yang Anda tawarkan dan secara persuasif mengarahkan mereka untuk memeriksa situs, halaman, dan bahkan postingan blog Anda. Anda juga dapat menggunakan pesan email untuk memberi tahu klien Anda tentang berbagai perbaikan dan peningkatan yang telah dilakukan merek Anda untuk melayani mereka dengan lebih baik.
Pemasaran email juga memungkinkan bisnis menggunakan alat analitik untuk menganalisis dan melacak tarif terbuka email dan rasio klik-tayang dari tautan yang dibagikan di email.
3. Optimasi Mesin Pencari
Agar berhasil melakukan optimasi mesin pencari, pilihlah kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi dan sedikit persaingan. Hal ini memastikan banyak orang memiliki posisi yang lebih baik untuk melihat bisnis Anda dan ini berfungsi untuk meningkatkan peringkat Anda. Oleh karena itu, hal ini mengharuskan merek bisnis melakukan banyak riset kata kunci.
Membuat berbagai konten segar secara teratur dan menarik (memiliki video, gambar, infografis, dll.) dan sebaiknya dalam bentuk panjang, yaitu 2000 kata atau lebih, memastikan peringkat yang lebih baik untuk situs Anda karena Google menganggap konten ini lebih berharga bagi konsumen.
4. Pemasaran Mesin Pencari (SEM)
Untuk memulai proses pemasaran mesin pencari yang bermanfaat, buatlah daftar kata kunci relevan yang mungkin digunakan calon pelanggan untuk menemukan merek Anda saat mereka melakukan pencarian. Anda kemudian diminta untuk memperkirakan lalu lintas yang dapat dibawa oleh setiap kata kunci ke situs web Anda dan memilih kata kunci yang menghasilkan banyak lalu lintas.
Konten yang digunakan untuk pemasaran digital harus mengandung kata kunci spesifik yang berkorelasi dengan merek dan bisnis Anda, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan inbound link. Tautan ini efektif dalam meningkatkan serps Anda pada hasil pencarian karena konten yang berasal dari situs lain dianggap sangat berharga. Merek tersebut kemudian diminta untuk mengembangkan halaman arahan untuk iklan mereka dan melacak seberapa baik kinerjanya.
5. Iklan Bayar per Klik (PPC)
Iklan PPC pertama-tama mengharuskan Anda menawar kata kunci atau istilah pencarian yang dipilih. Google AdWords kemudian membantu Anda mengidentifikasi kata kunci yang akan memastikan kinerja situs web Anda lebih efektif. Persaingan kata kunci menentukan biaya per klik setiap iklan. Intinya, berhasil menawar kata kunci ini terhadap pesaing yang ada, memastikan iklan Anda muncul di semua hasil pencarian yang relevan dan akibatnya Anda akan dikenakan biaya untuk setiap klik pada iklan Anda.
Ada berbagai jenis pemasaran digital lainnya. Sebagai sebuah bisnis, Anda dapat memilih salah satu yang Anda anggap paling cocok dan mengintegrasikannya ke dalam keseluruhan strategi pemasaran digital Anda. Pilihan jenis pemasaran digital yang mungkin disukai oleh bisnis Anda sebagian besar ditentukan oleh faktor-faktor mulai dari keseluruhan biaya proses hingga hambatan akses yang ditawarkan proses tersebut kepada bisnis Anda.
Setelah melakukan analisis mendalam dari waktu ke waktu, Anda mungkin memutuskan untuk beralih ke jenis pemasaran digital lain jika jenis pemasaran digital yang sudah ada tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Apapun bentuk pemasaran digital yang Anda pilih untuk diterima dan digunakan, penerapannya yang efektif akan menempatkan bisnis Anda pada jalur untuk mencapai tujuan bisnis Anda.
Blog
Recent Posts
Blog
Recent Comments