Terdapat banyak merek yang mengiklankan jasa dan produk mereka secara online dan para pelanggan dibanjiri oleh pilihan. Pelanggan saat ini cenderung melakukan penelitian pada berbagai saluran online seperti platform media sosial, situs web, mesin pencari, dan lain sebagainya, untuk membandingkan satu merek dengan merek lain sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Para pemilik bisnis berusaha untuk meningkatkan kesadaran merek mereka dan meningkatkan konversi di tengah persaingan dengan menjalankan iklan dan mengarahkan pengguna ke situs web mereka. Ketika berbicara mengenai traffic situs web, jumlah pengguna yang mengunjungi situs web Anda tidak selalu sama dengan tingkat konversi. Pengunjung situs web mungkin menempuh perjalanan panjang sebelum menjadi pembeli dan terkadang mereka mungkin tidak siap untuk mengambil langkah terakhir menuju pembelian. Oleh karena itu, Anda mungkin menemukan fakta bahwa Anda memperoleh sejumlah besar kunjungan situs tetapi tidak secara signifikan meningkatkan penjualan Anda. Untuk mencapai konversi yang lebih tinggi, penting bagi bisnis untuk aktif dalam mengambil langkah untuk menarik kembali konsumen tersebut. Retargeting adalah salah satu strategi penting untuk meningkatkan kesadaran merek Anda dan menarik konsumen untuk kembali ke situs web Anda. Strategi ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan penargetan audiens Anda dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pengguna yang lebih berpotensi untuk dikonversi. Faktanya, ada beberapa alasan yang meyakinkan mengapa strategi ini adalah salah satu strategi efektif untuk meningkatkan ROI (Return on Investment) dan baik bagi bisnis untuk berinvestasi dalam strategi ini.
Follow us on Instagram
Apa itu Retargeting?
Retargeting adalah kampanye iklan berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan konversi dengan menempatkan iklan di hadapan para pengguna yang telah menunjukkan minat untuk membeli produk Anda atau mengunjungi situs web Anda. Pada dasarnya, strategi periklanan ini dirancang untuk membantu situs web e-commerce dalam mengoptimalkan keuntungan mereka dengan mendapatkan kembali pelanggan potensial mereka yang tidak segera menjadi pembeli saat mengunjungi website Anda. Karena pengguna umumnya memiliki reaksi positif atau netral terhadap retargeting, strategi ini menjadi strategi yang kuat untuk meningkatkan konversi dan menjadi alat branding hebat yang menjaga merek Anda tetap berada di dalam pikiran pelanggan. Target utama dari strategi ini adalah pengguna yang telah terlibat dengan situs web Anda atau terlibat dengan kata kunci yang terkait dengan merek Anda di mesin pencari – orang-orang yang lebih cenderung membeli produk Anda. Karenanya, kampanye retargeting mengingatkan para pelanggan potensial mengenai bisnis Anda, yang berarti meningkatkan kesadaran merek Anda dan mendorong peningkatan laba.
Manfaat besar retargeting untuk kampanye pemasaran digital Anda:
Meningkatkan Penjualan
Salah satu manfaat paling penting dari retargeting adalah meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis secara efektif. Perusahaan yang berbeda memiliki tujuan berbeda yang menjadi fokus mereka masing-masing, namun tingkat penjualan dan pendapatan pasti merupakan tujuan akhir dari strategi pemasaran digital dan kampanye pemasaran digital mereka secara keseluruhan. Menjaga agar merek Anda tetap terlihat di depan konsumen yang sebelumnya menunjukkan minat pada produk Anda pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan Anda. Strategi ini bermanfaat bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan potensial yang menunjukkan minat pada penawaran Anda, daripada menjangkau audiens yang tidak cenderung menjadi pembeli. Retargeting memungkinkan prospek Anda untuk mengingat bisnis Anda dan mengambil langkah selanjutnya dalam melakukan pembelian. Karena itu, ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan Anda.
Meningkatkan pengakuan merek
Ketika Anda meningkatkan visibilitas merek Anda di depan pelanggan potensial Anda, merek Anda menjadi lebih terlihat dan bahkan mengesankan. Menjalankan iklan retargeting di beberapa saluran yang berbeda membuat produk atau jasa Anda tetap melekat di benak pelanggan. Oleh karena itu, strategi ini adalah cara yang tepat untuk menjaga pengunjung situs web Anda sebelumnya untuk mengingat merek Anda yang berarti bahwa kesadaran merek Anda meningkat. Salah satu tujuan akhir dari kampanye digital marketing adalah membuat merek menjadi lebih mudah dikenali dan retargeting dapat membantu mencapai tujuan ini. Hasilnya, hal ini akan membangun hubungan yang lebih kuat antara merek dan pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan kepercayaan merek. Dengan jumlah konsumen yang memperhatikan merek Anda, hal itu meningkatkan keakraban merek yang mengarah pada peluang yang lebih besar untuk membuat konsumen mengklik iklan Anda dan melakukan pembelian.
Memberi Anda wawasan tentang persentase konversi
Di sisi lain, retargeting membantu pemasar untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih jelas tentang di mana mereka mendapatkan persentase tingkat konversi lebih tinggi yang menangkap lebih banyak pelanggan potensial. Penting untuk menganalisis statistik ini karena ini akan membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang dari mana konversi tertinggi Anda berasal dan memanfaatkan yang terbaik dari data tersebut. Untuk alasan ini, Anda dapat memiliki perencanaan pemasaran digital yang lebih baik dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan hasil maksimal. Ini membantu Anda untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagian-bagian kampanye Anda yang perlu ditingkatkan dan memungkinkan Anda untuk memiliki kampanye pemasaran digital yang lebih baik di masa depan.
Retargeting merupakan kampanye yang hemat biaya
Manfaat lain dari strategi retargeting adalah efektivitas dalam biaya. Pemasar dan praktisi telah membuktikan bahwa pemasaran ini adalah instrumen yang hemat biaya, karena hanya berfokus pada konsumen yang sebelumnya menunjukkan ketertarikan pada produk atau jasa Anda. Karena taktik periklanan ini berfokus pada orang-orang yang lebih cenderung mengambil tindakan di situs web Anda, hal ini membantu Anda untuk menghabiskan anggaran Anda dengan lebih efisien. Taktik ini memungkinkan Anda untuk menghindari menjalankan kampanye digital yang tidak efisien yang tidak efektif dalam memaksimalkan tingkat penjualan Anda. Ketika Anda memfokuskan kampanye pada pengguna yang lebih cenderung dalam mengambil tindakan, Anda memaksimalkan kemungkinan dalam mendapatkan tingkat konversi yang lebih tinggi yang merupakan alasan mengapa strategi ini menjadi taktik penting dalam pemasaran digital.
Para pemasar berusaha untuk menjalankan praktik terbaik yang akan membawa hasil lebih tinggi dan mencapai tujuan pemasaran mereka. Fakta bahwa strategi pemasaran berulang memungkinkan suatu merek menjadi lebih dikenal, hal itu dapat membantu merek tersebut untuk mengalahkan persaingan di antara pesaing mereka. Karena retargeting berfokus pada konsumen yang sudah akrab dengan merek Anda, banyak pemasar melihatnya sebagai cara yang lebih efektif untuk mendapatkan ROI yang lebih tinggi. Teknologi terus berkembang dan praktisi percaya bahwa efektivitas retargeting juga akan tumbuh lebih besar. Di sisi lain, penting bagi pemilik bisnis untuk membuat strategi retargeting mereka tidak mengganggu pelanggan potensial mereka.
Blog
Recent Comments