Apa yang kami maksud dengan materi pemasaran, secara digital? Nah materi pemasaran offline yang umum dikenal adalah poster, baliho, dan flyer.
Follow us on Instagram
Penjabaran material pemasaran digital
Di sisi lain, materi pemasaran digital yang digunakan untuk mempromosikan produk / layanan bisnis secara online termasuk majalah elektronik dan blog. Alasan mengapa materi pemasaran digital menjadi tren saat ini adalah karena materi tersebut membantu bisnis dalam mencapai keberadaan online yang mengarah pada peningkatan kesadaran brand.
15 jenis material pemasaran digital terbaik yang Anda butuhkan di 2021
1. Buku digital
Buku digital adalah buku yang dapat diakses melalui perangkat elektronik. Bisnis sering menggunakan buku digital untuk mendidik audiens / pembacanya tentang topik tertentu. Keuntungan utama dari buku digital adalah dapat diakses secara online. Mendapatkan buku digital adalah proses langsung tanpa biaya pengiriman. Buku digital Foleon adalah contoh yang bagus tentang bagaimana bisnis menggunakan buku digital sebagai magnet utama untuk mendorong langganan bulletin email.
2. Blog Posts
Blog pos adalah kumpulan artikel yang berbayar di blog. Bisnis menggunakan posting blog untuk membujuk pelanggan agar melihat produk / layanan mereka. Mereka juga bertindak sebagai titik pusat untuk menjawab pertanyaan yang dicari konsumen. Dengan demikian, bentuk materi pemasaran digital ini dapat secara efektif mengarahkan traffic ke situs web Anda. 57% pemasar melaporkan telah mendapatkan pelanggan melalui blog.
3. Landing Page
Landing page didefinisikan sebagai halaman mandiri yang terkait dengan kampanye pemasaran tertentu. Saat calon pelanggan mengklik iklan Anda, mereka akan dialihkan ke landing page. Formulir yang meminta informasi kontak mereka biasanya ada. Formulir tersebut kemudian digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk perolehan prospek. Keuntungan besar dari landing page adalah bisnis dapat membuat banyak halaman untuk kampanye yang berbeda. Halaman arahan Airbnb adalah contoh yang bagus.
4. Konten bermerek
Konten bermerek adalah konten yang dibuat oleh brand yang secara khusus ditampilkan dalam publikasi berita. Keuntungan dari konten bermerek adalah konten tersebut sering kali dibuat dengan cara seperti artikel berita, bukan iklan. Mereka mendapatkan keuntungan dari menciptakan kepercayaan dan keyakinan di antara calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada.
Ketika outlet publikasi berita secara positif menampilkan brand Anda pada publikasi mereka, itu dapat dibandingkan dengan beberapa bentuk verifikasi keaslian. Sebuah studi yang dilakukan oleh IPG Media-Lab melaporkan bahwa brand recall dari branded content marketing 59% lebih tinggi daripada bentuk iklan digital lainnya.
5. Infographics
Kumpulan elemen seperti bagan dan grafik yang memberikan gambaran umum yang mudah dipahami tentang data kompleks dari topik tertentu adalah infografik. Mereka dapat digunakan sebagai artikel blog / artikel mandiri. Bisnis sering menggunakan infografis untuk menyajikan informasi statistik yang dapat dikaitkan dengan kinerja produk / layanan mereka. Informasi yang disajikan secara visual memproses 60.000x lebih cepat di otak dibandingkan dengan teks. Dengan demikian, dilaporkan bahwa 40% konsumen akan merespon informasi visual dengan lebih baik dibandingkan dengan format teks biasa.
6. Buletin digital
Ini adalah laporan elektronik yang berisi berita terkait aktivitas brand Anda. Informasi dalam buletin secara teratur dikirim ke pelanggan Anda dan bahkan anggota staf / karyawan. Mereka adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda karena hampir 70% brand menggunakannya untuk tujuan ini. Selain itu, buletin digital dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas situs web dengan CTA. Contoh, klaim kupon / diskon penawaran jika pelanggan membeli barang dalam 24 jam setelah menerima buletin.
7. Studi kasus
Studi kasus adalah dokumen yang menyoroti bagaimana suatu produk / layanan telah menguntungkan konsumennya. Mereka juga digunakan untuk menampilkan kesuksesan brand baik dalam satu atau beberapa halaman dokumen. Studi kasus dibagi menjadi 4 komponen utama yaitu, tantangan, solusi, hasil, dan ulasan / kesaksian pelanggan. Keuntungan utama studi kasus adalah dalam proses mendapatkan kesaksian pelanggan, Anda dapat mengidentifikasi apakah mereka bersedia menjadi penginjil brand Anda. Ini adalah metode pemasaran hemat biaya lainnya karena rujukan pelanggan atas produk / layanan Anda berasal dari tempat kepuasan yang autentik; meningkatkan keberadaan online brand Anda dan memperbaiki reputasinya. Konsumen yang tertarik dapat lebih dipengaruhi oleh penginjil brand untuk mencoba produk / layanan Anda, sehingga meningkatkan penjualan dan mungkin loyalitas brand di samping ulasan dan referensi yang lebih positif.
8. White Papers
Sebuah form dari berisi potongan mendalam tentang subjek teknis didefinisikan sebagai kertas putih. Bisnis sering kali menggunakan kertas putih untuk menunjukkan keahlian mereka dalam industrinya. Mereka mirip dengan artikel blog tetapi berfokus pada subjek yang sangat teknis. Laporan statistik menunjukkan bahwa lebih dari 71% pembeli B2B telah menggunakan kertas putih untuk meneliti keputusan pembelian. Contoh bagus dari buku putih adalah BDO tentang privasi data dan GDPR.
9. Brosur digital
Ini adalah kompilasi singkat produk / layanan suatu brand. Brosur digital Qatar Airways adalah contoh sederhana, yang menampilkan penawaran, tujuan, model pesawat, dan ruang tunggu. Topik terpisah dibahas di setiap halaman, membantu konsumen fokus pada satu bagian / topik pada satu waktu.
10. Katalog produk digital
Katalog produk digital adalah bentuk brosur digital yang diperpanjang dan panjang untuk buku. Mereka berisi informasi yang luas dan mendetail tentang produk / layanan brand. Beberapa katalog produk digital juga berisi cerita tentang produk / layanan brand. Bisnis yang memiliki beragam produk / layanan sering kali memanfaatkan katalog produk digital dengan baik. Konsumen lebih mudah melihat semua yang Anda tawarkan sekaligus daripada secara terpisah, sehingga mendorong penjualan. Katalog digital Volvo memamerkan lini kendaraan mereka untuk Musim Dingin, suku cadang individu, informasi harga, serta kisah yang terinspirasi oleh lini mobil tersebut.
11. Latar belakang perusahaan
Ini memberikan informasi kepada konsumen tentang jenis bisnis Anda, kantor pusatnya, dan cabangnya. Biografi singkat tentang manajer perusahaan dan staf kunci adalah penting. Meskipun hal ini dapat dengan mudah diabaikan, hal ini sangat berkontribusi pada kepercayaan konsumen terhadap brand Anda. Pelanggan seperti itu tidak akan ragu-ragu untuk melakukan pembelian / langganan.
12. Interaksi kembali dengan email
Ini dikirim ke pelanggan mendorong mereka untuk menyelesaikan pembelian / berlangganan. Mereka juga dimanfaatkan untuk membuat pelanggan sadar akan peluang untuk meningkatkan produk / layanan mereka untuk pengalaman yang lebih baik. Laporan menunjukkan bahwa pengabaian keranjang sekitar 67% hingga 12% dapat dipulihkan melalui email keterlibatan ulang.
13. Portofolio
Ini hanyalah kumpulan dari proyek yang telah Anda selesaikan sejauh ini. Ini berfungsi sebagai cara terbaik bagi pelanggan untuk melihat produktivitas Anda. Selain itu, ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan penyampaian apa yang diiklankan brand Anda berkualitas tinggi. Misalnya, jika Anda seorang desainer situs web, miliki portofolio online untuk memamerkan semua situs web yang telah Anda rancang sebelumnya.
14. Presentasi penjualan
Ini adalah presentasi yang mengedepankan keunggulan produk / jasa Anda. Ini sering kali bertujuan untuk membuktikan bahwa produk / layanan dapat menyelesaikan masalah audiens Anda. Ketika konsumen yakin bahwa produk Anda akan dapat menyelesaikan masalah mereka, mereka merasa lebih terdorong untuk melakukan pembelian.
15. Lembar garansi
Ini menjamin pelanggan bahwa jika produk / layanan Anda tidak berfungsi dengan baik / tidak memuaskan, perbaikan / kompensasi dapat diberikan dalam jangka waktu tertentu. Ini meyakinkan pelanggan dan mereka merasa diperhatikan dan dihargai.
Perlu diperhatikan bahwa materi pemasaran digital ini dapat, dan harus digabungkan untuk memasarkan produk / layanan Anda secara digital dengan efektif. Misalnya, di situs web Anda, mungkin ada bagian yang berisi blog dan CTA untuk buletin. Bagian lain dari situs web Anda dapat menampilkan katalog yang dapat diunduh dalam bentuk buku digital.
Blog
Recent Posts
Blog
Recent Comments