Logo hanyalah sebuah tanda, simbol, atau nama yang mewakili bisnis dan produk serta layanan yang ditawarkannya kepada pelanggan. Saat digunakan secara efektif, ini dapat menarik perhatian orang dan membuat kesan pertama yang kuat. Hasilnya, memungkinkan bisnis untuk membangun loyalitas merek dan memisahkan diri dari para pesaingnya. Untuk bisnis, ini dapat digunakan untuk memberi tahu orang tentang Anda dan apa yang Anda lakukan.
Follow us on Instagram
Mengapa logo penting untuk bisnis Anda?
Logo hanyalah sebuah tanda, simbol, atau nama yang mewakili bisnis serta produk dan layanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Ketika digunakan secara efektif, logo dapat menarik perhatian orang dan memberikan kesan pertama yang kuat. Kesan pertama yang kuat kemudian akan meningkatkan kesadaran merek dan membuat bisnis Anda tetap diingat oleh konsumen. Akibatnya, logo memungkinkan bisnis untuk membangun loyalitas merek dan membedakan dirinya dari para pesaing. Untuk bisnis, logo dapat digunakan untuk memberi tahu orang tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.
1. Pahami Secara Baik Apa Itu Merek
Langkah terpenting adalah memahami merek yang akan diwakili oleh logo. Tujuan dan misi merek, termasuk nada dan nuansanya, sangat menentukan jenis logo yang Anda buat. Logo menciptakan asosiasi yang mudah diingat dengan merek. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memikirkan hal-hal yang Anda ingin perusahaan atau produk Anda dikaitkan.
Pertimbangkan semua kata deskriptif yang ingin Anda wakili oleh merek Anda. Misalnya, jika Anda menjual perhiasan, Anda mungkin akan berpikir tentang ‘permata, cantik, mewah, unik, feminin, anggun, dan anggun’. Ini disebut kernel semantik yang merupakan aset besar untuk proses perancangan logo saat memilih font, warna, dan efek visual yang tepat.
2. Buat Logo yang mencerminkan Bisnis Anda
Kata-kata yang digunakan dalam logo Anda harus mengkomunikasikan tentang bisnis Anda. Gunakan kata-kata yang membangkitkan emosi yang dimaksudkan dan bertujuan membangun rasa kepercayaan dan koneksi dengan pelanggan Anda. Jika logo memiliki gambar dan tipografi, coba buat logo yang visualnya selaras dengan susunan kata dan pesan yang diteruskan. Logo terbaik membuat pernyataan langsung dengan gambar atau ilustrasi, bukan kata-kata. Misalnya, dengan nama bisnis yang disebut “Pencetakan Baut Petir”, logo harus menyampaikan manfaat bisnis dari “layanan pencetakan yang sangat cepat dan terjamin”. Gambar petir dapat dimanipulasi untuk menunjukkan kecepatan dan jaminan.
3. Gunakan Warna Secara Efektif
Sesederhana kelihatannya, warna bisa sangat penting dalam mengarahkan keputusan pembelian calon pelanggan. Warna menambah makna pada logo dan dapat memicu perasaan orang dan menentukan bagaimana publik memandang logo Anda.
Ketika digunakan secara konsisten dalam upaya pemasaran bisnis, ini dapat sangat meningkatkan pengenalan merek. Misalnya, banyak lembaga keuangan menggunakan warna biru untuk menggambarkan keamanan, jaminan, dan ketergantungan. Merah di sisi lain mengkomunikasikan perasaan agresivitas dan mungkin menunjukkan sifat bisnis yang dinamis, seperti hiburan. Pilih warna Anda berdasarkan perasaan yang Anda ingin konsumen alami dan tindakan yang Anda ingin mereka lakukan. Selalu pertimbangkan psikologi manusia, budaya, tren, dan konteks bisnis Anda.
4. Gunakan Font Terbaik
Font yang digunakan dalam logo mungkin berbicara banyak tentang ‘kepribadian’ merek bisnis. Pilih font yang berbicara lebih jauh tentang merek Anda. Ketidaksesuaian yang parah antara font dan kepribadian yang ingin disampaikan oleh logo Anda dapat mengirimkan sinyal yang salah kepada calon pelanggan. Misalnya, untuk seniman lukis, font yang paling sesuai untuk digunakan dalam logo mereka adalah font warna-warni dengan corak warna “cerah”. Ini karena kesenian umumnya dikaitkan dengan font gaya dan warna-warna cerah. Contoh lainnya adalah logo perusahaan mainan anak. Pilihan terbaik adalah jenis huruf tulisan tangan untuk terhubung dengan anak-anak muda yang menjadi target audiens mereka.
5. Tentukan Jenis Logo yang Paling Cocok untuk Bisnis Anda
- Logo bergambar seperti “swoosh” Nike atau panda WWF. Ini sempurna jika Anda berencana untuk mendunia atau membangkitkan emosi tertentu tanpa terjemahan.
- Logo monogram seperti CNN atau NASA, sangat bagus untuk pemula dan bisnis yang memiliki nama panjang atau memiliki beberapa pemilik.
- Logo Wordmark seperti Lego atau Samsung adalah jenis yang paling sederhana dan mendapatkan pengakuan yang baik untuk startup.
- Logo lambang seperti Converse atau BMW adalah tipe tradisional. Mereka membantu Anda membangun citra perusahaan yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Ingatlah untuk menjaga agar gambar dalam emblem tetap ramah cetak tanpa banyak detail.
6. Berlatih Kesederhanaan
Hanya satu jenis font dan satu warna dapat membuat logo Anda efektif. Pesan adalah kuncinya dan menggunakan terlalu banyak warna dan font dapat menghilangkan pesan tersebut. Logo sederhana memiliki peluang besar untuk terukir di benak banyak orang dibandingkan dengan logo yang rumit. Bagi Nike, ‘sapuan’ sederhana selalu cukup. Bagi Apple, ini adalah ‘apel setengah digigit’ sederhana. Logo apa pun yang bisnis Anda pilih untuk digunakan, menjaganya tetap sederhana adalah yang terbaik.
7. Logo Anda harus Skalabel
Logo yang bagus harus mudah diskalakan. Misalnya, ketika logo Anda dirancang untuk muncul di platform yang lebih besar seperti baliho dan poster, logo itu harus tetap terlihat bagus. Desainnya harus tetap mengesankan. Setelah logo Anda terlihat aneh dan kehilangan kesan proporsinya saat diperbesar untuk mendapatkan ukuran yang lebih besar, pikirkan kembali desain logo Anda. Logo Nike sekali lagi berfungsi sebagai contoh sempurna. Apakah itu dipajang di sepatu, kaos oblong, atau papan reklame raksasa, itu akan tetap terlihat bagus terlepas dan tidak akan kehilangan rasa proporsinya.
8. Gunakan dan Lindungi Logo Anda
Setelah Anda siap dengan logo yang menangkap misi perusahaan Anda secara sekilas, pastikan Anda merek dagangnya untuk melindunginya agar tidak digunakan oleh perusahaan lain. Untuk bisnis Anda di A.S, ajukan merek dagang di situs Web Kantor Paten dan Merek Dagang A.S. Saat perlindungan hukum diterapkan, gunakan logo Anda di mana pun Anda bisa. Gunakan di kartu nama, alat tulis, kop surat, brosur, iklan, di situs Web Anda dan tempat lain di mana Anda menyebutkan nama perusahaan Anda. Ini akan membantu membangun citra Anda, meningkatkan visibilitas perusahaan Anda, dan menghasilkan lebih banyak bisnis.
Itulah kedelapan element penting yang menurut tim Algo Sea Biz memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kesuksesan suatu logo bisnis. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memperhatikan secara saksama kedelapan faktor yang telah dijabarkan di atas, agar Anda dapat membuat logo yang sangat impresif.
Untuk membuat logo yang mudah diingat dan efektif, mengetahui dan memahami merek Anda sangat penting. Sebagai bisnis, Anda harus membuat logo unik dan sederhana yang dapat diskalakan dan berbicara dengan jelas tentang kepribadian merek Anda. Logo yang tepat dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam menciptakan kesadaran tentang bisnis Anda dan membantu Anda membangun loyalitas, kepercayaan, dan menjadi pilihan yang disukai di antara pesaing Anda.
Blog
Recent Comments